Ternak Kenari

Setelah burung lovebird mengalami kemrosotan harga banyak sekali peternak lovebird beralih profesi dengan beternak kenari. dikarenakan pada saat ini burung kenari bisa dikatakan naik daun. selain itu pembudi dayaan burung kenari hampir mirip dengan pembudidayaan lovebird yaitu tidak memakan tempat yang besar untuk pembuatan kandang. Tetapi burung kenari memerlukan perhatian yang lebih banyak dibanding lovebird. Kandang Kenari harus selalu bersih, memerlukan tambahan gizi untuk pakannya berupa sayur-sayuran seperti sawi, gambas, wortel, telur puyuh dll.

Point-Point Yang Perlu Diperhatikan Dalam Beternak Kenari

Usia kenari Yang Ideal Untuk Diternak

Usia adalah salah satu poin penting yang wajib diperhatikan. Sebaiknya uisa ideal kenari yang siap untuk diternak paling tidak usia 6 bulan keatas untuk kenari betina dan usia 8 bulan bagi kenari jantan. Namun untuk kenari yang bertubuh besar seperti kenari Yorkshire, usia minimal 1 tahun. Karena Yorkshire lebih lama masa menuju birahinya.

Mengetahui Jenis Kelamin Kenari

Untuk mengetehui jenis kelamin kenari agak sulit untuk para pemula jenis kelamin kenari bisa dilihat pada dubur kenari seperti pada gambar disamping. Tetapi untuk lebih jelasnya tanyakan kepada orang yang sudah paham betul dengan kenari.




Tempat Untuk Ternak Kenari 

Beternak kenari tidak sesimple yang kita pikirkan. Sedikit saja kita melupakan hal-hal kecil maka kita akan kecewa karena tidak berhasil dalam budidaya kenari. Contoh: posisi kandang, mengapa posisi kandang itu penting? karena jika kita salah dalam menaruh kandang maka binatang predator siap memangsa kenari kita. Penempatan yang baik adalah letakkan sangkar jauh dari lalu lalang manusia, jauh dari kebisingan, usahakan membuat kandang yang mempunyai kaki, kaki-kaki kandang diolesi atau direndam oli sehingga semut tidak bisa menjangkau kenari dan usahakan jangan menempel tembok.

Proses Penjodohan Kenari

Penjodohan kenari mempunyai banyak cara. Cara pertama kenari ditempatkan pada dua sangkar dan diletakkan berdekatan selama 1-2 minggu setelah ada tanda-tanda kenari betina memanggil kenari jantan dan kenari jantan membalas panggilan itu kemudian jadikan satu sangkar antara betina dan jantan. Cara Kedua bisa langsung dijadikan satu antara jantan dan betina tetapi resikonya ketika betina menjadi lebih dominan dibanding kenari jantan maka proses penjodohan akan bertambah lama.



 

0 comments:

Post a Comment