Mengenal Burung Goldfinch

Burung Chardonneret atau dikenal juga dengan nama burung Goldfinch adalah burung yang hampir sama dengan Burung Kenari. Burung Chardonneret atau Goldfinch mempunyai panjang tubuh sekitar 12-13 cm. Chardonneret mempunyai sayap sekitar 21-25 cm dan mempunyai berat 14 sampai 19 gram. Burung Chardonneret atau Goldfinch ini termasuk burung monomorfik yaitu antara jantan dan betina mempunyai warna bulu yang hampir sama. Burung Chardonneret atau Goldfinch mempunyai warna bulu yang relatif banyak. beberapa warna bulu kombinasi seperti putih, coklat, kuning, merah, hitam yang menghiasi tubuhnya yang mungil dan terlihat begitu indah. Pada burung Goldfinch jantan, warna merah pada muka terlihat seperti topeng, ekornya yang agak mencabang hitam serta bergaris putih. Goldfinch ini memiliki ciri khusus dengan bentuk paruhnya yang panjang dan runcing berwarna putih gading dan ujungnya terlihat kotor atau gelap. Bentuk kepala seperti ini mirip sekali dengan burung gereja yang cenderung mempunyai kepala yang gelap dan paruh yang runcing. Burung ini jarang sekali dijumpai di Indonesia dan kalaupun burung ini ada di Indonesia sudah pasti burung ini mahal harganya. Beberapa jenis persilangan jenis baru membuat warna kecerahan bulunya memudar terlihat kusam, akan tetapi jika anda melihat paruh goldfinch anda bisa melihat perbedaan dengan jenis finch lainya, karena burung goldfinch mempunyai puluhan spesies tetapi jenis goldfinch Eropa adalah jenis yang paling dikenal oleh orang-orang.Burung ini mempunyai sifat asli yang agresif atau lincah.
Makanan untuk burung Goldfinch adalah biji-bijian bisa juga diberi makan sama seperti burung kenari. Untuk makanan ekstranya bisa diberikan sayuran seperti sawi, jagung dan gambas. Untuk Extra Food lainnya kita bisa memberi sedikit kroto dan ulat hongkong sebagai tambahan protein sebagai pengganti serangga di habitat aslinya. 
Untuk membedakan jenis kelamin burung goldfinch sedikit susah dikarenakan burung ini mempunyai warna bulu yang sama antara jantan dan betina. Untuk mengetahui jantan dan betina ada ciri-ciri tersendiri, ciri-cirinya sebagai berikut:

Burung Golfinch Jantan :
Bulu pangkal paruh memiliki bulu kumis berwarna hitam.
Warna merah topeng pada alis kepalanya hingga melewati mata.
Warna merah pada muka lebih tajam, tetapi warna coklat pada dada lebih memudar jadi putih.
Warna hitam pada punggung cenderung lebih tegas, hitam pekat
Siku ujung atas pada bagian sayap berwarna hitam

Burung Golfinch Betina :
Bulu pangkal paruh memiliki bulu kumis berwarna putih/coklat.
Warna merah topeng pada alis kepala hanya sampai setengah garis mata.
Warna merah pada muka cenderung memudar, tetapi warna coklat pada dada lebih pekat.
Warna hitam pada punggung sampai atas kepala lebih cenderung hitam ke abu-abuan
Siku ujung atas pada bagian sayap berwarna abu-abu/putih

Salam Gubuk Kicau

0 comments:

Post a Comment