Merawat Burung Mabung

Setiap burung akan mengalami Mabung atau proses ganti bulu biasa disebut juga dengan Molting. Siklus ini dialami burung dalam hitungan bulan kadang juga dalam hitungan tahun. Pada saat mabung, lapisan kulit luar pada burung akan mengalami fase yang rapuh sehingga terasa sakit. Karena sebab itulah mengapa burung merasa takut yang berimbas pada perubahan pola perilaku dan mengakibatkan burung macet bunyi. Kebanyakan burung yang mengalami pola perubahan perilaku adalah burung kicau, karena burung kicau adalah burung yang sangat aktif. Apabila burung sudah mengalami macet bunyi maka disarankan untuk menghindarkan kontak langsung dengan burung lain karena mental burung sudah pasti akan turun dan kalau dibiarkan berinteraksi langsung dengan burung lain maka bisa-bisa burung tersebut sudah tidak mau berbunyi ketika disandingkan dengan burung lain dan menambah keagresifan burung sehingga bulu pada burung akan semakin rusak.

Dibawah ini adalah beberapa cara penanganan khusus untuk burung yang sedang mengalami mabung:
  1. Cara pertama seperti yang saya sebutkan diatas, yaitu mengisolasi burung ke ruang tersendiri dengan tujuan, agar burung tidak kontak langsung dengan burung lain.
  2. Kerodongi sangkar burung agar burung merasa tenang sehingga mengurangi tingkat keagresifan burung dengan demikian burung jarang bergerak sehingga tidak merusak bulu pada burung.
  3. Berikan suplemen atau vitamin yang bisa dicampur pada air minum.
  4. Berikan makan yang cukup dan jangan lupa untuk memberikan ekstra food.
  5. Bersihkan sangkar dari kotoran-kotoran burung.
  6. Sebaiknya jangan sering memandikan burung pada waktu burung mabung, kalau anda biasa setiap hari memandikan burung maka, kurangi menjadi 3 kali dalam seminggu dan untuk penjemuran usahakan jangan melebihi 30 menit.
  7. Pemasteran burung juga harus dikurangi, untuk pemasteran cukup 1-2 jam dalam sehari.
Cara diatas adalah cara untuk merawat burung mabung, semoga dengan cara diatas burung yang sedang mengalami proses ganti bulu bisa pulih seperti sedia kala. Semoga bermanfaat
Salam Gubuk Kicau

0 comments:

Post a Comment